1. Tujuan ilmu kan untuk membantu
kelangsungan hidup, bagaimana penjelasan / contohnya?
Sedangkan orang malas pun masih bisa
bertahan hidupnya.. diperbagus dah kalimatnya ntar
( Devario / kelompok 10)
Jwb: Membantu kelangsungan hidup
yang dimaksudkan disini adalah hanya sekedar pembantu saja. Bukan berati tanpa
ilmu, manusia tak akan bisa hidup. Ketahuilah sekecil apapun sebuah informasi,
itu tetap menambah ilmu pengetahuan kita, kita kaan menjadi semakin tahu.Membantu
yang dimaksud disini itu contohnya seperti zaman sekarang pekerjaan minimal
yang dicari adalah S-1. Jika anda bukan S-1 bukankah akan menjadi sulit untuk
mencari pekerjaan? Seperti itulah maksud dari tujuan tersebut.
2. Bagaimana cara seseorang
memperoleh pengetahuan yang paling hakiki?
(Valen / 705140124 / Thick Book)
Jwb: Cara memperolehnya adalah
dengan cara menguji pengetahuan itu sendiri berdasarkan bukti ilmiah karena
dengan berdasarkan bukti ilmiah atau fakta-fakta maka kita dapat memperoleh pengetahuan
yang paling hakiki.
3. Contoh kegiatan intelegensi
manusia?
( Liesye / 705140067 / Pelangi)
Jwb: Intelegensi bangkit dan mulai
berfungsi saat ada pertanyaan dalam diri yang memaksa kegiatan memerhatikan dan
berpikir, lalu setelah penelitian didapat insight yaitu penangkapan suatu
intuisi mengenai jawaban yang dicari.
Contohnya, seseorang dapat menumis
memakai air dan tidak perlu minyak. Mengapa demikian? Setelah penilitian,
didapat bahwa air dan minyak fungsinya kurang lebih sama di wajan, yaitu agar
makanan di wajan tidak lengket dan tidak gosong.
4. "Pengetahuan adalah sesuatu
yang kita dapat dari pengalaman dan gejala-gejala di lingkungan kita" Di
dalam modul pembelajaran, pengetahuan mencakup inderawi dan intelektif. Menurut
kelompok kalian, pengetahuan hanya berasal dari pengalaman dan gejala-gejala
lingkungan yang berarti hanya mengandalkan inderawi. Bagaimana suatu pengetahuan
dapat sempurna jika hanya mengandalkan inderawi tanpa intelektif?
( Jeannyfer Teja / 705140055 / CLOUD )
Jwb: Menurut kami, pengalaman yang
kami maksud justru mencakup inderawi dan intelektif, karena pngalaman inderawi
juga diolah oleh proses kognitif sehingga baru dikatakan sebagai pengalaman
yang dapat menjadi pengetahuan.
5. Apa yang membedakan tingkat
intelegensi seseorang?
(Cherika / 705140165 / CLOUD)
Jwb: Tentunya setiap manusia memiliki
tingkat intelegensi yang berbeda.
Faktor pembedanya adalah:
faktor genetik
faktor keluarga (pola asuh)
kematangan seseorang
potensi yang dimiliki
faktor lingkungan
6. Perbedaan intelegensi dengan
indera batin lainnya disebut sebagai estimasi dan kognitif. Apa arti dari kedua
itu?
(Maya / 705140065 / CLOUD)
Jwb: Estimasi itu kegiatan
memprediksi dari bukti-bukti dan fakta-fakta yang sudah ada secara logis dan
sistematis. Kognitif adalah cara memproses dan memanipulasi informasi dalam
berpikir, mengingat, dan mengetahui (menerima sesuatu yang baru).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar